Halloween party ideas 2015

foto oleh Saleh Iskak
Aku hanya seorang tukang kebun
Tak patut jika engkau berbicara tentang ekonomi denganku
Aku hanya tahu, kebun, kebun, dan kebun
Tetapi kalau ekonomi yang berkaitan dengan kebun aku bisa
Katakanlah aku jual buah dan engkau membelinya
Laku….

Yang kayak gini aku tahu
Tetapi kalau kamu ngomong soal ekonomi kerakyatan, ekonomi Barat, dan sebagainya
Maaf aku tak paham
Tetapi aku tidak mau ditipu dengan istilah
Aku hanya seorang tukang kebun dan tidak mau dipusingkan dengan istilah-istilah
Aku tetap berusaha memahami istilah dalam dunia perkebunan

Ya… paling tidak berkaitan dengan kesuburan tanah dan pertumbuhan hasil kebunku
Kandungan humus dalam tanah misalnya
Musim berbuah tuk setiap jenis buah
Buah paling laku
Buah paling manis
Suhu yang cocok untuk setiap jenis buah

Aku memang hanya seorang tukang kebun
Tetapi aku mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kebun
Ada juga ekonomi, sejarah, biologi, pertanahan, kimia, dan sebagainya
Jadi tukang kebun itu memang megasyikkan
Bukan hanya bergulat dengan kebun saja
Tetapi aku bergulat dengan segala yang berkaitan dengan kebun

Nah kalau berkaitan dengan korupsi?
Aku juga bisa masuk ke sana secara tidak langsung
Kalau orang menipu aku kan arahnya bisa ke korupsi
Tetapi ya itu terlalu jauh

Aku bisa menyentuh bidang korupsi tetapi bukan sebagai pelaku
Boleh jadi sebagai pelapor kasus korupsi
Tetapi sebelum itu terjadi
Lebih baik aku mengurus kebunku
Buah-buahan di kebunku membutuhkan air
Dan air itu harus saya berikan
Kalau tidak mereka tidak berbuah lagi

Baca juga:
————————
Obrolan pagi…..

PA, 3/10/2012
Gordi Afri

*Dimuat di blog kompasiana pada 3/10/2012



Post a Comment

Powered by Blogger.